July 20, 2017 admin

15 Kunci Sukses Mengikuti Pameran atau Exhibition

15 Kunci sukses mengikuti pameran,

Pameran dagang, biasa disebut exhibition, trade expo atau trade show, merupakan sebuah pameran yang diikuti oleh beberapa perusahaan dari bidang tertentu yang bertujuan untuk memamerkan, mendemonstrasikan maupun menjual produk atau jasa layanan mereka.

Selain itu di dalam pameran juga terdapat kegiatan untuk mempelajari aktivitas pesaing, mengikuti tren terbaru dan mendapatkan kesempatan baru. Untuk itu pameran identik dengan marketing dan juga komponen marketing, salah satunya adalah stand pameran.

 

Marketing dan Pameran

Pameran adalah salah satu teknik marketing perusahaan, oleh karena itu perlu diperhatikan beberapa jurus yang dapat diaplikasikan ketika perusahaan sedang mengadakan pameran untuk event tertentu. Beberapa jurus marketing tersebut di antaranya :

  1. Lokasi stand yang strategis

Sekali lagi saya tekankan disini adalah lokasi, lokasi strategis dan mudah dilihat merupakan tempat yang tepat untuk membangun stand Anda agar langsung dituju oleh pengunjung.

Dengan begitu Anda dapat menampilkan seluruh produk maupun layanan yang Anda pamerkan. Hindari kemungkinan terhalangnya stand maupun produk karena pameran merupakan salah satu ajang kompetisi untuk menarik konsumen dan meningkatkan penjualan perusahaan.

  1. Tarik perhatian pengunjung

Pameran adalah tempat berkompetisi untuk mendapatkan pelanggan, karena itu sebelumnya dapat dilakukan riset ataupun survey tentang beberapa hal, seperti misalnya lokasi pameran, suasana hingga kebiasaan pengunjung.

Dengan begitu kita mendapatkan bayangan tentang siapa saja yang akan mengunjungi pameran dan menyiapkan strategi yang tepat untuk promosi produk perusahaan.

Cara menarik perhatian pengunjung dapat disesuaikan dengan hasil survey yang didapat, seperti misalnya model stand yang atraktif, penyediaan game kecil untuk pengunjung, pemberian gimmick, penugasan sales khusus yang lebih persuasif dan menarik hingga pemberian diskon produk.

  1. Ikat konsumen yang datang

Setelah konsumen datang dan merapat ke booth Anda, maka perlu diupayakan agar mereka bertahan di tempat dan membeli produk Anda.

Dalam hal ini, pendekatan secara psikologi diperlukan, seperti misalnya pengenalan khusus terhadap produk Anda dari segi kegunaan dan manfaat, memberikan hiburan agar pengunjung lebih tertarik atau mungkin dengan pemberian doorprize.

  1. Interaktif dan atraktif

Salah satu cara yang interaktif dan atraktif adalah dengan melakukan demo langsung dari produk yang Anda tawarkan, dan ini bukanlah hal yang merugikan.

Komunikasi dua arah dengan pengunjung melalui praktek ini akan membuat pengunjung lebih memahami produk Anda dan tidak mustahil mereka akan membelinya.

 

Strategi Tampilan Booth yang Menarik Bagi Konsumen

Selain jurus marketing, tampilan booth yang menarik juga dapat mendatangkan lebih banyak konsumen. Desain interior dari sebuah stand pameran perlu disesuaikan dengan karakter pengunjung atau konsumen produk terkait.

Kemampuan pengaturan tampilan dan tata ruang stand, kemampuan inovasi, adaptasi dan fleksibilitas perlu dimiliki oleh pihak perusahaan.

Oleh karena itu, diperlukan beberapa hal yang sebaiknya dilakukan untuk mempecantik dan memperjelas booth Anda agar visi perusahaan tercapai serta mudah dilihat oleh konsumen.

Berikut ini adalah beberapa tips yang dapat diaplikasikan pada stand pameran Anda antara lain adalah :

  1. Bagian depan booth untuk meletakkan merk, nama maupun logo perusahaan. Selain logo, juga dapat dilengkapi dengan kalimat unik, singkat, padat, jelas dan menarik agar menimbulkan rasa penasaran dan tertarik dari pengunjung pameran.
  2. Variasi desain untuk stand pameran. Variasi ini dapat menggunakan beberapa jenis tipe, seperti misalnya pop-up stand portable, panel, stand modular, stand portable banner dan variasi stand lainnya.
  3. Teknik teks yang jelas, warna dan pencahayaan yang membentuk satu kesatuan harmoni dapat diaplikasikan pada stand Anda. Penggunaan warna primer seperti merah, biru dan kuning dengan perpaduan warna lain yang sesuai dapat diaplikasikan untuk menimbulkan corak yang menarik.
  4. Tata letak di bagian dalam stand (untuk stand yang luas) yang jelas dan sederhana diperlukan untuk memberi kemudahan pada pengunjung, termasuk letak area masuk dan keluar (jika ada).
  5. Untuk efek yang lebih menarik, dapat ditambahkan fitur teknologi yang lebih canggih seperti penambahan fitur audio visual berupa high impact graphic, layar plasma interaktif hingga penggunaan layar sentuh untuk pengunjung.
  6. Skema stand shell merupakan salah satu teknik merancang stand pameran yang cukup populer. Skema ini terdiri dari ruang yang beralaskan karpet yang dipadu dengan pencahayaan dan blok di bagian dinding.
  7. Selain tampilan fisik, stand booth yang menarik juga didapat dari pemberian keterangan mengenai diskon, produk baru maupun produk laris yang dapat ditempatkan di bagian depan stand. Pun dengan promosi dari sales yang mumpuni juga dapat meraih minat pengunjung pameran.

 

Pemanfaatan Jasa Kontraktor Pameran

Beberapa perusahaan yang mengikuti pameran lebih memilih untuk menyewa jasa kontraktor pameran untuk mendesain dan membangun stand yang akan mereka gunakan.

Untuk Anda yang juga ingin mengikuti pameran, berikut ini beberapa manfaat yang akan lebih meyakinkan Anda untuk menggunakan jasa mereka.

  1. Kontraktor pameran merupakan professional yang memang memiliki kemampuan dan pengalaman dalam pembuatan stand. Sehingga mereka dengan cepat dapat mengantisipasi kekurangan dan kesalahan dalam proses pembuatan stand.
  2. Kontraktor pameran memiliki akses pengetahuan yang lebih luas mengenai booth. Sehingga Anda dapat mengkomunikasikan mengenai desain, material dan elemen lain yang dapat menambah nilai tampilan dan fungsi stand pameran perusahaan.
  3. Kontraktor pameran memiliki beberapa ahli yang dapat membantu proyek Anda. Baik itu ahli konsep dan desain yang akan membantu persiapan pembuatan stand hingga ahli lapangan termasuk tukang kayu, tukang lampu, ahli dekorasi dan sebagainya yang dapat membantu mendirikan dan memasangkan stand penjualan di tempat pameran.
  4. Hasil yang lebih baik dapat diberikan oleh kontraktor pameran, mengingat beberapa alasan yang disebutkan seperti profesionalitas, pengetahuan bidang dan kepemilikan staf ahli.

 

Untuk mendapat hasil yang maksimal memang membutuhkan effort yang tinggi juga tahapan-tahapan yang perlu dilalui, oleh karena itu baca juga artikel mengenai 3 Langkah Persiapan Sebelum Merancang Booth atau Stand Pameran yang Sukses  dan Kenali Jenis Booth Pameran yang Cocok untuk Perusahaan & Organisasi Anda

Baca 3 Langkah Persiapan Sebelum Merancang Booth atau Stand Pameran yang Sukses dan Kenali Jenis Booth Pameran yang Cocok untuk Perusahaan & Organisasi Anda

Dengan perencanaan yang matang dan sinergi antara Anda dan kontraktor pameran, akan menghasilkan hasil yang maksimal…Salam(Ibm)

Artikel Terkait :

Kenali Jenis Booth Pameran yang Cocok untuk Perusahaan & Organisasi Anda

Langkah Persiapan Sebelum Merancang Booth atau Stand Pameran yang Sukses

5 Tips Merancang Booth Pameran yang Menarik

5 Elemen Atraktif pada Booth Pameran

Tagged: , , , , , , , , , , , ,