December 26, 2018 admin

Material Paling Populer untuk Booth Pameran

Booth adalah sebuah area atau instalasi untuk media promosi guna memamerkan produk barang, jasa maupun brand tertentu. Booth itu sendiri bisa bersifat jangka pendek dan jangka panjang.

Bersifat jangka pendek apabila digunakan hanya sebentar, misal untuk mengikuti sebuah pemeran, biasanya 3-7hari atau sekian minggu.

Bersifat jangka panjang apabila Booth tersebut digunakan lama, misal Booth suatu produk pada toko bangunan, dibuat sekali untuk kebutuhan yang lama.

Sebuah booth terdiri dari berbagai macam elemen di dalamnya. Ada elemen utama, yaitu sesuatu yang dipromosikan, bisa dalam bentuk sebuah produk atau pun jasa. Ada pula elemen lainnya seperti elemen grafis, elemen bentuk, elemen warna, dan juga elemen material/bahan.

Dalam membuat booth itu sendiri banyak sekali material atau bahan yang digunakan. Jenis, ukuran, tipe, bahkan motifnya pun berbeda-beda, tergantung kebutuhan Booth tersebut. Karakter dari material-material tersebut juga bermacam-macam. Ada material yang mudah dibentuk, mudah di dapatkan, ringan, berat, ada pula material yang gampang rusak, serta sifat-sifat yang lainnya. Sifat material tersebut bisa positif dan negatif dan masing-masing memiliki peran sebagai elemen pada sebuah booth.

Sebagai desainer atau kontraktor instalasi booth, Anda perlu tahu mengenai material-material yang cocok atau sering digunakan untuk pembuatan booth design. Ada beberapa material yang sangat populer pada instalasi booth, berikut Saya jelaskan. Material Paling Populer untuk Booth Pameran.

1. PLYWOOD
Siapa sih yang tidak kenal dengan material yang satu ini? Material super terkenal dan paling banyak digunakan. Biasanya material ini digunakan untuk membuat furniture, mulai dari meja, kursi, lemari, pintu dan lain-lain.
Plywood merupakan material pengganti kayu. Daripada menggunakan kayu yang lebih berat, lebih mahal dan berpotensi merusak alam karena penggunaan terus menerus, Anda bisa beralih menggunakan plywood sebagai material penggantinya.

Berikut kelebihan menggunakan material plywood:
– Sangat praktis karena mudah dibentuk, dapat ditekuk, tahan susut, tahan cuaca, kokoh, dan tahan air.
– Memiliki ukuran, ketebalan dan tekstur yang beragam.

Berikut kelemahan menggunakan material plywood:
– Daya tahan tidak lebih kuat daripada kayu, jika terpapar cuaca ekstrim terus-menerus. Tidak cocok untuk furnitur outdoor.
– Ketebalannya lebih tipis dari kayu, sehingga harus berhati-hati saat melakukan pengangkutan.
– Butuh ketelitian untuk proses finishing karena terkadang permukaan kurang halus atau bergelombang.

2. HPL (High Pressure Laminated)
HPL atau High Pressure Laminated adalah laminasi bertekanan tinggi yang digunakan untuk finishing suatu produk, biasanya digunakan pada furnitur interior maupun dekorasi interior seperti booth design.

Berikut kelebihan menggunakan material HPL:
– Pilihan warna dan patternnya bermacam-macam.
– Pengerjaannya mudah, cepat, dan bersih.
– Tahan gores dan anti air.

Berikut kelemahan menggunakan material HPL:
– Meski pengerjaannya bisa cepat, Anda tetap harus hati-hati. Pemotongan yang kurang rapi, tekanan lem yang kurang atau tidak merata juga dapat mempengaruhi kualitasnya.
– Harganya mahal, tetapi Anda bisa menggunakan alternatif lain yaitu mencari merk yang lebih murah

3. TANAMAN
Material tanaman juga sering digunakan sebagai elemen utama pada sebuah booth pameran. Karena kehadirannya yang dapat menambah kesan suasana yang lebih rileks dan lebih hidup.

Elemen tanaman pada Booth bisa menggunakan tanaman asli atau tiruan (plastik). Masing-masing memiliki kelebihan dan kelemahan, Anda bisa gunakan sesuai kebutuhan.

Berikut kelebihan menggunakan material tanaman:
– Harganya mahal.
– Suasana booth Anda jadi lebih hidup dan lebih fresh dengan adanya elemen tanaman.
– Secara tidak langsung dapat menarik perhatian pengunjung.
– Jika menggunakan tanaman tiruan (plastik), Anda bisa gunakan beberapa kali untuk project-project booth selanjutnya sehingga menghemat biaya.

Berikut kelemahan mengunakan material tanaman:
– Jika menggunakan tanaman asli, Anda hanya bisa gunakan sekali saja, tidak dapat digunakan pada project booth selanjutnya.

Material plywood, HPL (High Pressure Laminated) dan tanaman adalah material yang paling banyak digunakan dan menjadi paling populer untuk booth pameran.

Artikel Terkait :

Kenali Jenis Booth Pameran yang Cocok untuk Perusahaan & Organisasi Anda

Langkah Persiapan Sebelum Merancang Booth atau Stand Pameran yang Sukses

5 Tips Merancang Booth Pameran yang Menarik

15 Kunci Sukses Mengikuti Pameran atau Exhibition

Tagged: , , , , , , , , , , ,